1.3.11

Segala Tentang Virus

dalam posting kali ini saya akan mencoba membahas mengenai virus. virus di sini adalah virus komputer buka virus biologi maupun virus cinta(hehehe....). untuk mempersingkat waktu langsung saja ke pokok bahasan.


Definisi virus Komputer
     sebenarnya apa sih yang di namakan virus komputer itu? virus komputer atau yang sering disebut dengan virus saja, adalah sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dan menyisipkan program ke dalam file.
     dalam referensi lain menyebutkan bahwa virus komputer adalah Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita. 
   nah dari sini kita bisa menyimpulkan ahwa virus adalah suatu aplikasi atau program yang sangat merugikan bagi pemakai komputer. 


Penyebaran virus
     virus biasanya menyebar melalui berbagai cara dan media antara lain sebagai berikut.
*media disk
  media penyimpanan eksternal semacam disket,usb flashdisk, dan lain sebagainya adalah sarana yang sangat cepat untuk penyebaran virus. karena dengan media simpan yang portabel seperti inilah peluang tersebarnya virus menjadi besar. 
*jaringan
  jaringan juga merupakan media yang sangat subur untuk penyebaran virus, bila salah satu pengguna mengaktifkan virus baik disengaja maupun tidak maka virus akan menyebar ke seluruh jaringan.
*internet
  meskipun media internet merupakan media yang sangat ampuh di masa ini namun kita harus berhati bila kita membuka website. terkadang website tertentu sengaja dipasang script berbahaya yang akhirnya pindah ke komputer kita.
selain media yang disebutkan di atas masih terdapat banyak media yang menjadi sarana baik untuk penyebaran virus seperti software bajakan,attachment pada email, dan lain sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan anda berkomentar namun dimohon untuk jaga kesopanan