1.3.11

Ciri Komputer yang Terkena Virus
apakah komputer anda baik-baik saja? anda yakin mengenai hal itu? bila anda kurang yakin ada baiknya bila anda membaca yang ada di bawah ini.

Gejala Umum Bila Virus Menyerang
     Berikut ini adalah tanda yang dapat dilihat dengan sekilas jika virus menyerang komputer, tapi ingat jangan buru-buru memutuskan bahwa komputer yang sedang anda amati itu terkena virus.


*Sistem melambat
  Jika sistem pada komputer kita tiba-tiba melambat secara tidak wajar berarti kita harus mewaspadai hal itu. bisa jadi komputer kita terkena virus. proses awalnya biasanya kinerja sistem komputer kita akan melambat secara mendadak dan drastis. bila kita sedang bekerja dengan sebuah program atau aplikasi maka kita boleh mencurigai bahwa komputer kita sedang terkena virus.

*Beberapa File tiba-tiba hilang
  terkadang virus diprogram sedemikian sehingga virus tersebut mampu menghilangkan file-file kita. hilang di sini ada dua kemungkinan yaitu hilang karena dihapus oleh program virus maupun hilang karena di superhidden oleh program virus.

*Keluar Pesan Aneh
  bila komputer anda tiba-tiba mengeluarkan pesan aneh misalnya "pagi ini terasa indah apalagi ditambah dengan keresahanmu karena hilangnya  file-mu...", kita wajib untuk mencurigai bahwa pesan itu berasal dari virus ang telah berhasil aktif di komputer kita.

*Keluar Kejadian yang Aneh
  yang dimaksud dengan kejadian aneh di sini adalah misalnya bila kita sedang menghidupkan komputer tiba-tiba tampilan desktop anda menjadi kacau padahal anda tidak pernah mengotak atik setting pada desktop anda. maka dalam kejadian ini anda disarankan untuk mencurigai bahwa virus telah aktif pada komputer anda.

*munculnya file-file baru
  file baru di sini adalah file yang mencurigakan biasanya file tersebut mempunya doule ekstensi atau mempunyai ekstensi yang mencurigakan misal terdapat file word documen tapi file tersebut mempunyai ekstensi ".exe" (seharusnya ".doc atau .docx") maka anda harus berhati-hati karena kemungkinan besar komputer anda sedang terinfeksi virus.

*berubahnya setting program
  hal ini dapat terlihat dengan jelas misalnya windows explorer tiba-tiba kehilangan satu atau beberapa pilihannya misalnya tidak adanya "folder option" . hal inipun wajib kita curigai sebagai akibat dari virus yang telah aktif di komputer kita.

  kejadian di atas merupakan kejadian yang dapat digunakan untuk parameter bahwa komputer anda sekarang bersih dari virus atau tidak meskipun tidak seratus persen bila komputer anda mengalami kejadian diatas berarti komputer anda terkena virus.

BACK  NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan anda berkomentar namun dimohon untuk jaga kesopanan