1.3.11

Metode Survey Sampel

pada posting kali ini saya akan membahas mengenai mata kuliah yang ada di semester 4 yang telah aku dapat yaitu metode survey sampel atau sering disingkat MSS. untuk mempersingkat waktu dan biaya.(hehehe.....) langsung aja masuk ke bab yang ada di dalamnya.

BAB I KONSEP DASAR TEORI SAMPEL

Pengertian Populasi
populasi didefinisikan sebagai jumlah total dari unit dasar.
sebagai contoh adalah sebagai berikut.
Ingin diestimasi nilai rata-rata 5 siswa, nilai tersebut berkisar antara 0-10.pada percobaan ini terdapat tiga komponen yaitu:
  • terdapat 11 hasil yang mungkin
  • satuan dimana akan diadakan pengukuran yang dikaitkan dengan 5 siswa. tiap siswa tersebut dinamakan unit dasar.
  • peubah (variabel)yang berasosiasi dengan unit dasar yaitu nilai. nilai merupakan karakteristik yang bervariasi dari unit dasar yang satu dengan unit dasar yang lainnya.
ketika kita dihadapkan dengan sebuah masalah sampling terlebih dahulu kita harus mendefinisikan masalah sebagai berikut.

  • tentukan unit dasarnya
  • tentukan populasinya
  • tentukan karakteristik yang akan diukur
  • tentukan peubah (variabelnya)
Unit Sampling
Dulu, dalam statistik elementer kita hanya memiliki n unit dasar dari populasi dari N dan unit dasar tersebut adalah unit dasar yang dipilih. pada survey sampel spesial unit itu disebut unit sampling yang didefinisikan sebagai sampel yang terpilih.
untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut.
ingin diketahui sewa rata-rata suatu kamar sewa di kota A. misal X=Rp.200.000 adalah total sewa yang harus dibayar untuk semua kamar sewa di kota A, dan ada Y=2000 kamar sewa dalam kota tersebut.
Jadi rata-rata sewa setiap kamarnya adalah R=X/Y=Rp 200.000/2000=Rp.100 per kamar sewa.
kita biasanya mendapatkan variabel X dan Y adalah variabel yang harus ditaksir. bagaimana cara menaksirnya?
1. dari masalah di atas kita bisa menentukan:
    -unit dasarnya : yaitu setiap kamar sewa di kota A
    -populasi        : yaitu semua total kamar sewa di kota A.
    -unit sampling : rumah sewa yang kita ambil untuk dijadikan sampel.
catatan: unit sampling dapat memuat 1 unit dasar atau lebih.
2. membuat daftar apartement
    misal setiap rumah sewa di ota A terdiri dari 4-20 kamar sewa.
3. dengan mendaftar semua rumah sewa kita bisa meaksir kamar sewa dan mengetahui total sewa untuk semua kamar sewa yang ada.

Frame (kerangka)
frame terdiri atas unit sampling dan mewakili populasi
contoh:
ingin diestimasi rata-rata dari berat setiap mahasiswa di suatu perguruan tinggi. unit dasarnya adalah setiap mahasiswa yang dalam hal ini juga merupakan unit sampling. populasinya adalah semua mahasiswa. misalnya kita mengambil populasinya adalah mahasiswa yang hadir pada 1 oktober dan kita memproses dengan mengkoleksi data dari kartu registrasi(berarti mahasiswa juga harus registrasi). mahasiswa yang telah registrasi dan hadir pada 1 oktober dan tercatat di list ini disebut frame.
bila kita mengaitkan dengan contoh diatas (mengenai sewa kamar) maka framenya adalah daftar (list) rumah house yang ada.
contoh lain
*ingin diestimasi mengenai gaji pegawai di suatu swalayan. dalam hal ini setiap pegawai adalah unit dasar dan jumlah total dari pegawai adalah populasi. akan tetapi pada kenyataan suatu daerah tidak mungkin memiliki nama-nama seluruh pegawai yang bekerja pada suatu swalayang, daerah biasanya hanya mempunyai daftar dari nama swalayannya. maka swalayan adalah unit samplingnya dan nama swalayan yang ada di daftar tersebut adalah framenya.

Gap (selisih)
adalah selisih antara populasi dan frame
contoh:
ingin diestimasi produksi susu sapi suatu peterakan di suatu daerah. dalam hal ini unit dasarnya adalah setiap sapi dan populasinya adalah seluruh sapi yang ada. akan tetapi pada kenyaaannya daerah tersebut tidak mempunyai list sapi-sapi, daerah hanya mempunyai list peternakan. oleh karena itu peternakan disebut unit sampling sedangkan peternakan yang berada di list disebut frame. gap ( selisih) nya adalah sapi di peternakan yang tidak termasuk ke dalam frame.
contoh lain

Complete Count dan Parameter Populasi
perhatikan contoh berikut.
ingin diestimasi rata-rata berat dari mahasiswa di suatu perguruan tinggi. sebuah daftar nama untuk tanggal tertentu adalah sebuah frame dari sampel yang dipilih.setiap mahasiswa adalah unit sampling(dalam hal ini unit sampling dan unit dasar adalah sama).ketika setiap mahasiswa (unit sampling) ditimbang dan dihitung maka  kita dapatkan complete count atau complete sensus X1,X2,...,Xn dengan rata-rata

 yang dihitung dari frame ini disebut mean populasi.
catatan: meskipun ini disebut mean populasi tapi perhitungan diambil dari frame yang mungkin berbeda dengan keseluruhannya.
selain itu dalam metode survey apabila kita menemukan istilah complete sensus itu berarti hitungan diambil dari fram bukan dari populasi sebenarnya.
sedangkan parameter populasi misalnya mean populasi,varian populasi, atau proporsi populasi.

2 komentar:

  1. ya ya ya sekarang sy tw sapi sy hilang dmn...hehehe
    peace boz...

    BalasHapus
  2. wah...wah....wah.... yang penting bukan ane bos yang ngambil...wkwkwkwk

    BalasHapus

silakan anda berkomentar namun dimohon untuk jaga kesopanan