28.2.11

belajar pascal

Bab i
Sekilas tentang flowchart dan algoritma
     Sebelum anda masuk ke bab pokok mengenai pascal ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengenal struktur algoritma dan flowchart.  Definisi dari algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
     Pascal merupakan program yang berorientasi pada object sekaligus merupakan prosedural programming. Pascal sebagai prosedural programming berparadikma “tentukan prosedur yang kita inginkan; Gunakan algoritma yang terbaik yang bisa ditemukan.”
     Pemrograman terstruktur terdiri atas perancangan struktur data dan memanipulasinya dengan fungsi-fungsi dengan  suatu cara tertentu yang secara teori bisa berhenti. Fungsi-fungsi ini yang biasa dikenal dengan algoritma dan flowchart. Niklaus Wirth memberikan judul bukunya Algoritms + Data Structure = programs. Dari judulnya secara tidak langsung beliau mengatakan bahwa algoritma dahulu, baru menentukan struktur data kemudian.
     Untuk membuat suatu program seorang programer harus memilih algoritma yang baik. Ciri algoritma yang baik adalah sebagai beriikut:
  1.    Tepat , benar, standart, dan efektif.
  2.   Logis, terstruktur, dan sistematis.
  3.   Semua operasi harus terdefinisi.
  4.   Semua proses harus berakhir.
  5.   Ditulis dengan bahasa yang standart agar mudah diimplementasikan dan tidak menimbulkan arti   ganda.

     Dalam penyajian sebuah algoritma seorang programer biasanya mengguanakan struktur bahasa Indonesia, pseudocode, maupun flowchart tergantung situasi dan kondisinya.
Definisi flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan-urutan prosedur dari suatu program. Biasanya flowchart digunakan untuk mendesain suatu program atau untuk mempresentasikan suatu program.
Dalam flowchart terdapat lambang-lambang yang biasa digunakan oleh seorang programer sebagai berikut.



 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan anda berkomentar namun dimohon untuk jaga kesopanan